Jumat, 27 Mei 2011

Laboratorium Internet Dasar Gunadarma


Labolatorium Internet Dasar

Labolatorium internet dasar adalah sebuah labolatorium yang mempraktekan  dan mengajarkan tata cara serta bagaimana awal mula internet dikenal dan cara kerjanya. mungkin tanpa kita sadari secara otodidak pun kita mengerti apa itu internet, bagaimana cara menggunakannya hingga kita mendapatkan suatu informasi dari internet.
 
Pada zaman modern ini internet banyak sekali digunakan mulai dari kalangan anaka-anak, remaja hingga dewasa karena kita pun tidak bisa mempungkiri betapa pentingannya internet sebagai alat dan sumber informasi. Sebenarnya apa sih itu internet? Ya internet itu sendiri adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. 
 
Namun sebenarnya tidak sampai situ saja karena internet itu sendiri meluas sekali dan tanpa kita sadari banyak hal mengenai internet yang belum kita ketahui, dan hal ini bias kita dapatkan pada praktikum laboraturium dasar internet . Dimana disana kita dibantu kakak pembimbing / tutor yang sangat baik yang dengan senang hati memberikan ilmunya dan pengetahuan tentang dasar-dasar internet pada umumnya,  baik yang sudah kita ketahui sebelumnya , maupun hal baru yang bisa kita dapat pelajari lebih lanjut . Pada praktikum ini pula diselinggi dengan kegiatan tanya jawab setelah materi di sampaikan kepada mahasiswa. Sehingga kita sebagai mahasiswa dapat menambah wawasan pengetahuan dalam materi internet ini. Menurut saya pun hal tersebut sangat baik dilakukan karena dengan adanya proses tanya jawab belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Kesan dan Pesan saya tentang Labolatorium Internet dasar
 
Seharusnya materi pada internet dasar lebih sedikit dikembangkan dan diperbaharui lagi sehingga mahasiswa tidak merasa jenuh dan justru tertarik sekali untuk memperdalam pengetahuannya . Selain itu Universitas Gunadarma sendiri adalah universitas yang berbasis khusus di jaringan teknologi informasi, jadi harus tetap menjaga kualitas bukan hanya kuantitasnya saja.  
Saya melihat berdasarkan fakta, bahwa sangat miris sekali hati saya ketika memasuki ruangan ini. Kita dapat melihat dari segi fasilitas dimana  komputer  sangat kurang bagus dan tidak enak dipandang bahkan sebenarnya sudah tidak layak digunakan, disini terlihat sekali bahwa perhatian kampus pada laboratorium dasar ini sangat  tidak ada dan bahkan tidak adil bila dibandingkan dengan laboratorium lain yang jauh lebih baik. 

Padahal sebenarnya laboratorium dasar ini sangat penting untuk menambah minat mahasiswa dalam memperdalam ilmunya diawal pertemuan . Jumlah komputernya pun tidak sepadan dengan jumlah siswa ,hal ini menyebabkan  satu komputer digunakan oleh lebih dari satu orang mahasiswa, sehingga berakibat mahasiwa tidak bisa mencerna dengan baik karena keterbatasan komputer ini. Ruangan yang digunakan pun terlihat sangat sempit, mungkin perlu diperluas lagi supaya lebih nyaman.

Dari segi koneksi akses internet pun jaringan internet sangat lemah sehingga mahasiswa laboraturium internet ini sangat terganggu dengan lamanya loading search di internet dan yang lebih parahnya lagi sebagian komputer  tidak bisa menyala dan melakukan koneksi internet yang membuat sebagian mahasiswa hanya diam tanpa adanya kegiatan praktek apapun.

Tetapi saya merasa cukup mendapat pengetahuan dengan terbatasnya alat-alat yang disediakan oleh pihak kampus, dengan pengetahuan yang diberikan oleh para tutor, sangat membantu saya dalam praktek internet dasar ini. Pada intinya , Labolatorium internet ini hanya mengasah kemampuan kita, sehingga dapat dicerna dengan baik tanpa mengalami kesulitan, kalaupun mengalami kesulitan maka tutor akan membantu kita bila tidak tahu tentang materi yang disampaikan. 

Tutor sangat interaktif dalam mengajar dan tidak ada kebosanan pada saat tutor menyampaikan materinya sehingga kita sebagai mahasiswa menikmati saat dijelaskan, dengan diberi nilai maka kita sebagai mahasiswa ingin menjawab dengan diberikan nilai pada saat kita menjawab pertanyaan yang diberikan kepada tutornya sehingga keadaan dikelas sangat kompeten kita semua bersaing menjawab untuk mendapatkan nilai yang baik untuk mencapai hasil yang baik pula. Pertanyaan yang ditanyakan banyak sehingga hampir semua mendapatkan nilai tambahan untuk materi internet dasar ini, menururt saya metode pengajaran bagus, ketika diajarkan saya mengerti apa yang dijelaskan oleh tutornya sehingga saya dapat mencerna ilmunya dengan baik dan menambah ilmu saya yang dapat saya gunakan.

Para tutor di Labolatorium internet dasar juga mempunyai blog yang dapat dijadikan forum ataupun penyampaian informasi penting yang berhubungan dengan praktikum di labolatorium internet dasar. Dari segi materi, blog ini cukup memberikan banyak informasi, mungkin perlu lebih dipercantik tampilannya agar bisa menambah atensi para praktikan.
Namun secara keseluruhan labolatorium internet dasar cukup menyenangkan dan menumbang banyak informasi kepada para praktikannya. Apalagi sebagai mahasiswa pada era globalisasi sekarang, kita diharuskan mengenal lebih jauh tentang teknologi internet, karena memang internet memberikan banyak manfaat bagi kita pelajar, baik dalam urusan akademis maupun non akademis.

Tulisan diatas hanya ulasan dari sudut pandang saya sebagai penulis blog, bila ada kata-kata yang kurang berkenan , saya pribadi mohon maaf. Semoga posting saya ini bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar