Kamis, 29 September 2011

Bahaya Pemakaian Kosmetik Sembarangan


Siapa yang tidak kenal dengan kosmetik? Ya, tentu saja semua wanita pada umumnya tak  asing lagi dengan barang yang satu itu, semua wanita menggunakannya. Ya , apalagi kalau bukan dengan tujuan untuk mempercantik diri mereka. Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan wanita yang tidak bisa ditinggalkan. Berbagai cara pun dilakukan para wanita untuk memoles wajahnya agar telihat lebih cantik dan menarik. Memang kaum perempuan akan rela mengeluarkan dana yang banyak untuk membeli kosmetik. Tak hanya ibu-ibu saja, anak remaja pun sudah mulai mencoba-coba kosmetik wajah seperti krim pemutih wajah yang saat ini sedang marak digunakan. 
 



Namun tahukah mereka? bahwa sesungguhnya mencoba krim pemutih wajah yang tidak disertai pengawasaan dokter dapat membahayakan wajah mereka. Krim pemutih wajah yang mereka anggap membantu mereka dalam penampilan justru membawa bencana pada kulit mereka, karena belum tentu krim tersebut cocok untuk jenis kulit mereka. Tidak semua krim kosmetik wajah  itu aman dan bisa melindungi kulit. Bisa- bisa bukan kulit putih yang kalian dapat justru malah banyaknya timbul jerawat karena tidak cocok.




          Ternyata ada kosmetik yang mengandung pewarna merah K10 (rhodamin B), yang merupakan zat warna sintetis yang biasa digunakan untuk pewarna kertas, tekstil atau tinta. Zat tersebut dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada hati (liver). Tahun 2006 lalu, pemerintah sudah mengeluarkan peringatan agar produk kosmetik yang mengandung Rhodamin B itu, tidak dipasarkan lagi.
Namun peringatan seperti itu bagi para pedangan liar bukan merupakan suatu acaman, justru mereka belomba-lomba untuk tetep memasarkan obat pemutih tersebut kepada para konsumen. Tentunya kita sebagai sebagai kaum wanita khususnya para pengguna kosmetik harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik apa yang sesuai dengan jenis kulit kita, jangan hanya sekedar mengikuti info dari teman yang belm pasti kebenarannya. Jika kalian ingin aman periksakanlah kedokter khusus perawata kulit wajah seperti saya.  




 Agar kalian semua tahu, jenis kulit wajah kalian seperti apa dan obat apa yang cocok untuk wajah kalian. Tak ada salahnya kalian mencoba konsultasikan kedokter khusus perawatan kulit daripada mencoba obat yang belum tahu dapat menguntungkan atau hanya merugikan kita, jadi jika ingin tidak terjebak dalam bahaya obat kosmetik percayakanlah pada dokter yang memang dikhususkan untu pealatan kulit wajah.


Sumber :
Pengaplikasian dari pengalaman diri sendiri dan dibantu oleh www.google.com (mencari gambar)



 

0 komentar:

Posting Komentar