Minggu, 28 Oktober 2012

"Gangnam Style" mengguncang Ibukota


"Gangnam Style" 



"Gangnam Style" atau "Gaya Gangnam" adalah sebuah single K-pop tahun 2012 yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan, Park Jae Sang, atau yang lebih dikenal dengan nama PSY. Gangnam Style secara umum mendapat pujian oleh para kritikus karena ritme humornya yang catchy serta gerakan tari Psy yang tidak biasa yang telah memperkenalkan K-pop pada banyak orang di seluruh dunia. Lagu ini pertama kali dirilis pada tanggal 15 Juli 2012 dan langsung memuncaki tangga lagu  Korea Selatan, Gaon Chart . "Gangnam Style" juga menjadi video K-pop yang paling banyak ditonton di Youtube. Tarian ini pula berhasil mengguncang ibukota. Selain gerakannya sedikit dan berulang, gerakannya juga mudah dihafal di berbagai semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa.



Latar belakang
"Gangnam Style" merupakan istilah yang digunakan oleh warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mewah yang berhubungan dengan Distrik Gangnam, sebuah kawasan yang makmur dan trendi di Seoul yang terkenal sebagai area elit tempat tinggal banyak artis papan atas, publik figur, maupun para chaebol dan orang terkenal lainnya. 90 % dari 300-an klinik operasi plastik di Korea Selatan terdapat di distrik Gangnam ini. Video musik dari lagu ini menggambarkan Psy menari di berbagai lokasi di Gangnam. Lagu ini sendiri menceritakan tentang gaya lelaki Gangnam kaya raya yang disukai banyak wanita.
Secara harfiah, terjemahan dari Gangnam ini adalah "오빤 강남 스타일 (Oppan Gangnam seutail)" atau " Oppa (saya) adalah Gangnam Style". Kata Korea 오빠 (oppa) berarti "panggilan dari perempuan untuk saudara laki-laki", tetapi dapat juga digunakan sebagai kata ganti pertama, atau ketiga untuk menunjuk seorang laki-laki yang lebih tua atau lebih tua dari perempuan. Berdasarkan norma-norma budaya yang lebih baru, istilah ini biasanya digunakan untuk merujuk kepada pacar atau pasangan laki-laki. Sedangkan 오빤 (oppan) merupakan singkatan dari 오빠 (oppaneun). adalah penanda topik, yang dalam hal ini berarti subjek tersirat dari kalimat tersebut adalah penyanyinya (오빠). Dengan demikian terjemahan harfiah dari "Oppan Gangnam style" adalah "kakak atau pacar laki-lakimu [adalah] seorang Gangnam Style".
Lirik lagu ini ditulis oleh Psy, musik oleh Psy dan Yoo Gun-hyung, serta dikomposeri oleh Yoo Gun-hyung. Yoo Gun-Hyung sendiri adalah seorang produser terkenal di Korea Selatan dan juga pernah berkolaborasi dengan Psy di masa lalu.



Video Music
Video musik untuk lagu ini menampilkan Psy sedang menari tarian gaya "menunggang kuda" yang lucu dan muncul di lokasi yang tak terduga di sekitar Gangnam seperti di sesi yoga di luar ruangan dan di bak mandi air panas. Mereka yang berdomisili di Korea atau mengenal budaya Korea sudah pasti akrab dengan "Gangnam Style" ini. Namun, orang-orang yang kurang akrab dengan budaya ini telah disuguhi sebuah video "segar" ditengah-tengah bertaburannya idola-idola pop remaja.
Yang tampil dalam video ini antara lain:
  • Anggota 4Minute, Kim Hyun-a 4Minute, Kim Hyun-a berperan sebagai pujaan hati Psy dan muncul di sesi dua bagian tarian terakhir.
  • Komedian dan presenter Korea Selatan Yoo Jae-Seok, yang berperan sebagai lawan duel Psy dalam menari.
  • Komedian Noh Hong-cheol menari di dalam sebuah lift dengan ciri khasnya yang "menggoyangkan pinggul".
  • Anggota Big Bang, Seungri dan Daesung juga muncul dalam video musik, tampil sebagai dua lelaki tua yang sedang bermain catur di latar belakang.
  • Hwang Min-woo, seorang anak berusia 5 tahun yang terlihat menari di awal video. Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Psy menyatakan bahwa "pada malam sebelum syuting video musik, saya menonton Korea's Got Talent dan melihat dia membawakan tari Michael Jackson dengan konyol. Jadi kami memanggilnya dan memintanya untuk tampil di video musik saya".
Rilis
Saat "Gangnam Style" dirilis pertama kali pada tanggal 15 Juli 2012, lagu ini hanya diketahui oleh para penggemar K-pop. Namun, para penggemar K-pop kemudian mulai berbagi dan saling menyebarkan di situs jejaring  seperti Facebook dan Twitter. Tidak lama kemudian, pengguna internet di luar komunitas K-Pop mulai mengetahui lagu ini. Bahkan, selebritis-selebritis internasional juga ikut-ikutan "mengetweet" tentang "Gangnam Style", yang memicu efek bola salju. Menjelang akhir Juli, lagu ini sukses menjadi hit di seluruh dunia dan media-media internasional mulai memperhatikan hal itu. Pada tanggal 4 Agustus, The Los Angeles Times menulis bahwa popularitas "Gangnam Style" ini "tak terbendung" dan telah "mengambil alih dunia". Pada minggu terakhir Agustus, majalah Billboard melaporkan bahwa posisi lagu ini naik delapan peringkat dalam tangga lagu Billboard Social 50, mengalahkan Taylor Swift yang sebelumnya menempati posisi jawara. Prestasi ini (naik delapan peringkat) merupakan prestasi pertama yang diraih oleh penyanyi asal Asia, dan sejauh ini tercatat hanya sembilan musisi yang pernah menorehkan prestasi tersebut, termasuk Justin Bieber, Lady Gaga dan Adele. Kira-kira sebulan setelah perilisannya, pada tanggal 17 Agustus 2012, "Gangnam Style" menempati posisi puncak dalam program televisi Korea Selatan; Music Bank di KBS2TV, dengan total skor 18.601.

Pengaruh di media sosial

Faktor penting lainnya yang membuat lagu ini begitu populer adalah adanya respon di jejaring sosial dari para selebritis-selebritis dunia yang pada akhirnya juga turut mendapat perhatian dari para penggemar selebritis tersebut. Sebagai contoh, pada tanggal 16 Agustus 2012, Nelly Furtado membawakan lagu ini dalam konsernya di Smart Araneta Coliseum di Manila, Filipina. Dalam acara talk show Chelsea Lately, aktris dan komedian Chelsea Handler berkata pada penonton bahwa dia sedang mencari seorang pria beruntung yang akan dinikahi. Handler menyebut Psy sebagai "musisi, penari, dan simbol seks yang telah menarik minat saya". Dia juga membandingkan Psy dengan penyanyi Latin Ricky Martin dan mengatakan bahwa ia baru mengetahui "Gangnam Style" setelah 43 juta orang menontonnya di Youtube. Tak lama setelah itu, ia berseru "Oppa Gangnam Style!" dan program berakhir dengan tarian "Gangnam Style" yang dibawakan oleh 6 penari backstage.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar