Sabtu, 27 Oktober 2012

Rumah Air






TUGAS BAHASA INDONESIA


REPORTASI JALAN-JALAN
RUMAH AIR




Nama              :           Wati Puspitasari
NPM                :           18110465
                                        Kelas              :           3KA06



UNIVERSITAS GUNADARMA




RUMAH AIR


Pada kesempatan kali ini saya dan keluarga meluangkan waktu libur kami untuk pergi ke Kota Bogor. Kota kecil yang identik dengan julukan Kota Hujan ini dengan segala keunikan dan keindahannya kini semakin lengkap dengan hadirnya Restaurant Rumah Air dengan konsep 104 saung terapung di kawasan seluas 4 hektare dengan suasana pedesaan Sunda yang eksotis. Selain namanya yang unik sebagai tempat makan, Rumah Air ini juga menyediakan area  kolam pemancingan dan outbond permainan anak.

 Rumah air terletak di Jl.Bogor Nirwana Raya - Dreded (Jalan Raya Boulevard CDB No. STA 0240), Bogor, Jawa Barat Indonesia 16132.  Jam operasional untuk jam buka Rumah Air ini yaitu setiap hari Senin - Jumat mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB, sedangkan hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00 - 23.00 WIB. Dengan harga tiket masuk 1 orang 10 ribu.



Rumah air ini sangat cocok sebagai tempat menghilangkan rasa penat dan memanjakan diri anda selama hampir seminggu penuh anda melakukan rutinitas kerja yang berbeda-beda. Tentunya hal itu akan terbayarkan dengan ratusan menu spesial yang akan memanjakan lidah.


Beberapa menu utama yang disajikan oleh Rumah Air adalah : ikan bakar , ayam bakar, ayam goreng, udang bakar madu, cumi saus padang, calamari, ikan gurame goreng, karedok, pepes tahu, pepes jamur, tahu goreng, otak-otak, tumis kangkung, sop buntut, gurame goreng kipas, mie goreng hingga spaghetti. Sementara untuk pelepas dahaga, teman-teman bisa memilih es kacang merah, snow white, es teh manis, kelapa muda, teh manis panas, markisa panas, es kopyor, cendol, jus alpukat, jus tomat, jus jambu, atau aneka soft drink. Harga yang ditawarkan untuk makanan dan minuman pun bervariasi mulai dari Rp 5.000-Rp100.000 rupiah.

 

Udang Windu


Sapi Lada Hitam – Rp. 47.500,-


         Nila bumbu cabe dabu – Rp.45.000,-       

Ayam Panggang
                               


Fasilitas Permainan
Di Rumah Air ini menyediakan fasilitas permainan seperti Istana Balon, Crazy Ball, Sirkuit Remote Control, Becak Mini, ATV, Funny Boat, Bumper Boat, Funny Otopad dan Battery Car . Pihak pengelola Rumah Air ini memasang tarif permainan mulai dari Rp.20.000- Rp.35.000.  Namun Fasilitas bermain anak yang paling disukai adalah becak mini dan Crazy Ball. Fasilitas ini berkapasitas maksimum dua orang dan berat 60 kilogram. Arenanya yang luas membuat anak-anak leluasa mengelilingi kawasan ini dengan becak mini. Sedangkan Crazy Ball membuat anak terapung di air tanpa basah. Untuk menyewa sekitar 12 permainan, biaya tambahan dikenakan tergantung jenis permainan.



Selain itu di Rumah Air, Anda dapat menikmati fasilitas memancing dengan membayar Rp.85.000 riupiah untuk menyewa tempat, peralatan, dan umpan. Di kolam pancing ini terdapat jenis ikan mas, nila, dan gurame. Setiap ikan yang berhasil ditangkap dapat dibawa ataupun dimasak. Anda harus membayar Rp.35.000 rupiah per kilogram ikan. Kesenangan tidak sampai di situ, Anda dapat menyantap ikan hasil tangkapan. Tentunya dengan berbagai pilihan bumbu sesuai selera yang dikenai biaya tambahan.


Bagaimana mencapai tempat ini? 
Untuk Rute dan akomodasi Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi untuk mengakses kawasan ini. Jika memulai perjalanan dari Stasiun Bogor, Anda dapat naik angkutan umum 02 jurusan Sukasari-Bubulak. Dengan ongkos Rp2.000, angkutan ini berada di depan Stasiun Bogor dan mengantar Anda langsung ke depan Sekolah Tunas Harapan. Setelah itu, Anda naik ojek atau bus The Jungle. Biaya menggunakan ojek Rp7.000 sampai ke Rumah Air sedangkan untuk bus The Jungle, gratis. Namun, bus tersebut hanya mengantar Anda sampai Mall The Jungle sehingga Anda harus berjalan sekira 300 meter menuju Rumah Air. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini sekira satu jam.
Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengakses Tol Jagorawi yang melewati Terminal Baranangsiang. Kemudian, Anda mengambil lajur kanan ke arah Tugu Kujang. Lalu, belok kanan saat melihat Bogor Trade Mall. Setelah itu, ambil lajur kiri setelah perempatan. Terakhir, belok kanan setelah ada papan petunjuk tempat wisata The Jungle. Waktu tempuh untuk mengakses tempat ini sekira 30 menit. Kawasan ini memiliki area parkir yang cukup luas, tetapi perhatikan waktu kunjungan karena biasanya padat saat akhir pekan dan libur panjang, seperti Lebaran.

Wawancara dengan Pengunjung lain :
Saya pun sempat bertanya kepada Fajar (21 tahun), pengunjung asal Jakarta ini mengaku menikmati liburan di Rumah Air. Ini merupakan pengalaman pertamanya berkunjung ke sini, yang sempat direkomendasikan oleh saudaranya. “Ini baru pertama kali bagi saya, tempatnya sangat menarik, pelayanan memuaskan,” ungkapnya.

Kesan dan pesan :

Saya pribadi pun sangat suka dengan tempat ini selain tempatnya menarik, makananya pun enak dan area bermainnya pun cukup memanjakan diri saya. Saya bisa bersantai sejenak melepaskan penat dan rasa lelah yang ada. Namun kekurangan dari tempat ini adalah pada saat tempat ini ramai dan permintaan pesanan menumpuk, memang masih agak lamban para pelayan restaurant rumah air ini melayaninnya mungkin karena karyawannya belum cukup handal sehingga sering terjadi complain atau teguran para pelanggan akibat pesanannya yang lama tak kunjung datang. Saya berharap pihak manager segera memperhatikan hal ini karena dapat mengganggu kenyaman pelanggan. Akan tetapi saya beruntung dalam pemesanan makanan karena pada saat saya memesan makanan dan minuman dalam keadaan tidak ramai sehingga saya pun cepat mendapatkan pesanan makanan yang saya inginkan.


 








0 komentar:

Posting Komentar