Senin, 31 Desember 2012

iPad Mini Vs Surface


Akhir Oktober menjadi ajang unjuk gigi dua raksasa teknologi, Apple dan Microsoft, untuk memperkenalkan perangkat andalan mereka masing-masing. Ini seperti menegaskan kembali persaingan keduanya, yang sudah berlangsung seru di masa awal kepemimpinan Steve Jobs dan Bill Gates, yang merupakan dua pendiri perusahaan itu.

iPad Mini

Surface


Seperti sudah santer disampaikan di berbagai media, kompetisi diawali oleh Apple yang memperkenalkan iPad Mini pada 23 Oktober. Selang tiga hari kemudian, Microsoft gantian menggelar acara peluncuran tablet Surface yang menjalankan sistem operasi terbaru, Windows 8. Meskipun baru versi RT, tablet Microsoft ini cukup mencuri perhatian. Lalu, seperti apa spesifikasi masing-masing perangkat andalan perusahaan teknologi dunia tersebut? Walaupun iPad Mini dan Surface dibuat dengan target pasar yang berbeda, berikut ini merupakan perbandingan keduanya:

Ukuran Layar
iPad Mini :
Tablet Apple ini akan menggunakan layar berukuran 7,85 inci. Ukuran ini disebut sebagai upaya Apple agar bisa bersaing dengan sejumlah perangkat berukuran 7 inci, antara lain Kindle Fire dan Nexus 7.
Surface :
Tablet Microsoft ini akan menggunakan ukuran 10,6 inci. Ukuran ini terbilang lebih besar dari standar 10,1 inci di tablet lain. Sepertinya Microsoft ingin menghadirkan perangkat tablet yang hibrida dengan PC, sebab Surface juga dilengkapi cover keyboard. Tentu, ukuran layar ini dianggap sesuai.

Resolusi
iPad Mini :
Apple disebut tak menghadirkan teknologi Retina Display di iPad mungil ini. Tapi, resolusi yang dimiliki cukup tajam, yaitu 1024 x 768 pixel dengan kepadatan 163 ppi.
Surface :
Ini merupakan perangkat perdana Microsoft yang dilengkapi Windows 8. Untuk menunjang pengalaman penggunaan di perangkat sentuh, tentu resolusi 1920 x 1080 pixel dengan kepadatan 208 ppi menjadi pilihan tepat.

Prosesor
iPad Mini :
Gizmodo menyebut iPad Mini sebagai iPod Touch yang diperbesar. Ini terlihat dari kesamaan prosesor yang digunakan, yaitu dual core A5 1 GHz.
Surface :
Microsoft akan menghadirkan dua versi, yaitu RT dan Pro. Surface Pro akan dilengkapi dengan dual core Intel Core i5. Sementara itu, versi RT akan hadir dengan chip quad core NVIDIA Tegra 3. Beda dua chip ini adalah, versi RT tak bisa menjalankan aplikasi yang didesain untuk Windows 7 atau software yang lebih tua.

Sistem Operasi
iPad Mini :
Apple menggunakan sistem operasi baru iOS 6. Sejumlah keluhan yang ada di iOS 6 selama ini antara lain aplikasi peta yang tak sebaik Google Maps.
Surface :
Microsoft akan menghadirkan dua versi Windwos 8, Pro dan RT. Sebagai sistem operasi baru, tentu menarik untuk menunggu kejutan apa yang dihadirkan Microsoft di OS ini.

Storage
iPad Mini :
Apple akan melengkapi perangkat ini dengan tiga varian kapasitas, yaitu 8 GB, 16, GB, dan 32 GB. Kapasitas ini juga disesuaikan agar bisa memiliki banderol harga terjangkau.
Surface :
Surface akan menggunakan kapasitas 64 GB dan 128 GB. Dengan tujuan menghadirkan performa laptop di tablet, tentu ini sesuai untuk fungsi penggunaan.

Harga
iPad Mini :
Untuk bisa bersaing dengan Kindle Fire dan Nexus 7, Apple memberikan banderol harga mulai dari US$250 hingga US$300.
Surface :
Microsoft membanderol harga tablet ini sama dengan banderol harga The New iPad. Surface akan dibanderol seharga US$499-699. (art)



Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar