Senin, 29 April 2013

Khasiat Ikan Salmon



Ikan salmon memang tak asing lagi di Indonesia, walapun ikan ini  lebih populer di negara Jepang, karena ikan ini sering disajikan di restoran sushi, namun di Indonesia pun banyak pula yang mengenal ikan ini. Seperti ikan jenis lainnya, ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat memberikan khasiat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Itu pun dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan salmon, seperti omega-3, omega-6, protein, berbagai vitamin dan masih banyak tentunya kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan salmon. Di Jepang ikan ini dapat dikonsumsi secara mentah. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang berasal dari keluarga Salmonidae. Ikan salmon adalah spesies ikan yang lahir di tawar/sungai, terkadang juga tinggal di laut namun kembali ke perairan tawar untuk berkembang biak. Ikan salmon dapat ditemukan di sepanjang samudra atlantik utara, dan pantai utara pasifik




Lalu apa saja sebenarnya khasiat ikan salmon? Berikut adalah beberapa khasiat dari mengokonsumsi ikan salmon yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, antara lain :
 
  1. Mencegah penyakit jantung
    Khasiat ikan salmon dapat mencegah penyakit jantung, ini karena ikan salmon mengandung omega-3 yang dapat membantu menurunkan tingkat trigliserida jahat yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  2. Mengurangi tekanan darah tinggi
    Khasiat ikan salmon dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Hal ini juga dapat membantu perlindungan tubuh dari resiko serangan jantung dan stroke.
  3. Dapat melawan kanker ginjal
    Khasiat ikan salmon sangat membantu untuk melawan kanker ginjal. Hal ini karena ikan salmon sama seperti ikan berlemak lainnya, sangat efektif untuk menghindari karsinoma sel ginjal, yang merupakan bentuk kanker ginjal yang paling umum.
  4. Meningkatkan fungsi otak dan memori
    Kandungan Vitamin A dan asam amino dalam ikan salmon membeikan khasiat ikan salmon yang dapat membantu merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori bekerja lebih optimal. Komponen ini juga sangat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan otak.
  5. Meningkatkan kesehatan mata
    Khasiat ikan salmon dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula, ini karena ikan salmon kaya akan omega-3 asam lemak dan asam amino. Hal ini juga dapat membantu untuk menyembuhkan kekeringan dan kelelahan pada mata.
  6. Mengurangai resiko diabetes
    Khasiat ikan salmon dapat berfungsi untuk menjadi pengendali diabetes yang baik dan juga pengendali gula darah, ini karena ikan salmon mengandung banyak nutrisi yang dapat memfasilitasi penyerapan gula dalam tubuh.
  7. Melindungi tubuh dari radikal bebas
    Khasiat ikan salmon dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, ini karena ikan salmon merupakan sumber selenium dan mineral. Hal ini juga dapat membantu untuk terhindar dari infeksi dan penyakit lainnya.
  8. Melindungi saluran pencernaan
    Khasiat ikan salmon sangat baik untuk perlindungan saluran pencernaan dan bisa menjadi penawar terhadap beberapa jenis kanker. Orang yang mengkonsumsi ikan salmon mempunyai kemungkinan lebih kecil terhadap serangan kanker usus, kanker payudara, kanker kerongkongan dan jenis kanker lainnya.
  9. Mengurangi depresi
    Khasiat ikan salmon sangat baik untuk menjadi depresan terbaik, ini karena ikan salmon mengandung omega-6 yang sangat efektif untuk mengurangi depresi dan jenis-jenis stres lainnya.
  10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
    Khasiat ikan salmon dapat membuat kulit terlihat awet muda, ini karena saat kita mengkonsumsi ikan salmon, kita mendapatkan asupan nutrisi lengkap omega-3. Omega-3 dan protein dalam ikan salmon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.
  11. Pengembangan otak pada bayi dan otot-otot pada tubuh karena ikan salmon mengandung banyak protein dan asam amino yang merupakan pembangun terbaik untuk pengembangan otot. Khasiat ikan salmon yang lainnya adalah dapat membantu kita tercegah dari penyakit leukimia.
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar