Selasa, 07 Mei 2013

Anti Sosial (ANSOS)

 
 
Apa itu Anti Sosial  ?
 
 
 
 
Anti Sosial atau ANSOS menurut wikipedia diterjemahkan sebagai keperibadian seseorang yang menunjukkan ketidak-acuhan, ketidak-pedulian, dan/atau permusuhan yang seronok kepada orang lain, terutama yang berkaitan dengan norma sosial dan budaya. Orang yang anti sosial biasanya blak-blakan dan tidak memedulikan hak dan perasaan orang lain. Secara sederhana boleh diartikan sebagai pribadi yang tidak peka terhadap lingkungan. Namun, terkait dengan dunia maya, istilah anti sosial sendiri lebih tepat apabila diartikan sebagai sebuah kepribadian yang cenderung tertutup di dunia nyata dan lebih terbuka di dunia maya. Atau dalam bahasa mudahnya: Hidup di dunia maya, mati di dunia nyata. Jelas bukan sebuah contoh kepribadian yang baik. Walaupun demikian, nyatanya jumlah anti sosial bukan main banyaknya.


Perilaku anti sosial (dengan atau tanpa tanda penghubung) adalah perilaku yang kurang pertimbangan untuk orang lain dan yang dapat menyebabkan kerusakan pada masyarakat, baik sengaja atau melalui kelalaian, karena bertentangan dengan perilaku pro-sosial, perilaku yang membantu atau bermanfaat bagi masyarakat.hukum pidana dan hukum sipil di berbagai negara menawarkan solusi untuk perilaku anti sosial.
 
Tengoklah media semacam layanan chat, Twitter, maupun media sosial lainnya. Di sana kita dapat menjumpai berjuta-juta orang dengan gaya 'bicara' yang bermacam-macam. Namun dalam kenyataannya, mereka yang 'hidup' dalam dunia ini, belum tentu memiliki karakteristik berbicara yang sama kuatnya saat berhadapan dalam dunia nyata. Anti sosial cenderung lebih senang berdiam diri, menikmati kesendiriannya dengan berselancar di alam bawah sadarnya, imajinasinya luar biasa, dan sebagian dari mereka tidak mudah diterima dalam pergaulan karena sifatnya.


Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar