Selasa, 07 Mei 2013

Lipodistrofi


Apa Lipodistrofi Itu?

Lipodistrofi, yang biasa disingkatkan menjadi “lipo”, adalah kumpulan perubahan pada bentuk tubuh yang dialami oleh orang yang memakai obat antiretroviral (ARV). ‘Lipo’ berarti ‘lemak’, dan ‘distrofi’ berarti pertumbuhan yang tidak benar. Perubahan tersebut termasuk kehilangan lemak, kumpulan lemak, dan perubahan metabolik.

Kehilangan lemak terjadi pada lengan, kaki, bokong atau wajah (pipi cekung). Ini tampaknya ciri-ciri umum lipo.
Kumpulan lemak dapat dilihat pada perut, belakang leher (punuk kerbau), payudara perempuan dan dada laki-laki, dan daerah tubuh lain.
Perubahan metabolik dapat meliputi peningkatan pada lemak darah atau asam laktik. Beberapa orang mengalami “resistansi insulin.”
  • Lemak darah termasuk kolesterol dan trigliserida.
  • Asam laktik dibuat waktu glukosa (gula) dipakai oleh sel. Kerusakan pada mitokondria (lihat Lembaran Informasi (LI) 556) atau hati dapat meningkatkan jumlah asam laktik. Berlebihan asam laktik dapat menyebabkan masalah kesehatan.
  • Umumnya, insulin memindahkan gula (glukosa) ke dalam sel untuk membuat tenaga. Dengan resistansi insulin, lebih sedikit glukosa memasuki sel; lebih banyak yang ditinggalkan dalam darah.
LI 123 memberi informasi tentang tes laboratorium untuk glukosa, kolesterol dan trigliserida. Belum ada definisi jelas apa artinya lipo. Oleh karena itu, para dokter melaporkan bahwa 5-75% pasien yang memakai terapi ARV (ART) mempunyai tanda lipo. Perubahan ini pertama diberi nama “Crix belly (perut Crix)”, karena dilihat pada orang yang memakai protease inhibitor Crixivan (indinavir). Namun, lipo dapat dialami oleh orang yang memakai beberapa jenis ART.

Berikut Zara Hartshorn yang justru malah memiliki wajah keriput. Gadis berusia 15 tahun yang tinggal di Rotherham, Inggris ini divonis menderita penyakit langka yang tidak dapat disembuhkan, sehingga membuatnya tampak 30 tahun lebih tua dari teman-teman sebayanya.


 


Apakah Lipo Berbahaya?
Walaupun tidak berbahaya, lipo adalah masalah berat.
  • Perubahan bentuk tubuh dapat sangat merepotkan. Beberapa pasien bahkan berhenti memakai ART-nya
  • Ketakutan akan perubahan bentuk tubuh mencegah orang untuk mulai memakai ART
  • Resistansi insulin dapat mengakibatkan diabetes dan peningkatan berat badan, serta dapat meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Tingkat lemak yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Payudara menjadi lebih besar dan dapat merasa sakit
  • Peningkatan dalam tingkat asam laktik, yang disebut asidosis laktik, walaupun jarang terjadi, bisa jadi gawat. Lihat LI 556 untuk informasi lebih lanjut
  • Kumpulan lemak di belakang leher (punuk kerbau) dapat menjadi begitu besar sehingga menyebabkan sakit kepala dan masalah bernapas dan tidur
Belum ada seorang peneliti yang menyarankan agar orang dengan lipo menghentikan penggunaan ART-nya.

Apa Penyebab Lipo?
Penyebab lipo belum diketahui. Penyebab kehilangan lemak berbeda dengan penyebab kumpulan lemak.
Kehilangan lemak: AZT dan d4T dikaitkan dengan kehilangan lemak. Efavirenz juga dapat menyumbang.
Kumpulan lemak: Suatu teori adalah bahwa protease inhibitor mengganggu pengelolaan lemak. Tetapi ada pasien yang walaupun belum pernah memakai protease inhibitor, namun mereka mengalami lipo. Teori lain adalah bahwa resistansi insulin berperan dalam lipo. Orang dengan resistansi insulin cenderung meningkatkan berat badan pada perut.
Lipo mungkin serupa dengan ‘Sindrom X’ yang dapat terjadi pada orang yang pulih dari penyakit gawat seperti leukemia pada masa kanak-kanak atau kanker payudara. Untuk orang dengan HIV, ini mungkin disebabkan oleh pemulihan sistem kekebalan menjelang ART yang efektif.
Satu penelitian besar menemukan bahwa faktor yang berikut meningkatkan risiko lipo:
  • Usia di atas 40 tahun
  • AIDS selama lebih dari tiga tahun
  • Jumlah CD4 terendah di bawah 100
  • Berkulit putih
  • Penggunaan d4T, ddI dan/atau AZT

Dapatkah Lipo Diobati?
Bila kita mengalami kehilangan lemak yang berat dan kita memakai d4T atau AZT, sebaiknya kita membahas dengan dokter agar obat ini diganti. Namun dibutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan perubahan pada bentuk tubuh. Tampaknya mengganti d4T dengan AZT tidak berhasil mengembalikan lemak yang hilang; dampaknya menggantinya dengan tenofovir atau abacavir memberi hasil lebih nyata, walau masih membutuhkan beberapa tahun. Bedah plastik (‘tanaman’ atau suntikan) merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi pipi cekung. Ini mengandung beberapa risiko dan hasilnya mungkin bersifat sementara. Memakai rosiglitazon, sebuah obat diabetes, serta menghentikan penggunaan d4T dan AZT, menunjukkan pengembalian beberapa lemak yang hilang dari lengan dan kaki.
 Beberapa kumpulan lemak dapat dicabut dengan pembedahan, atau dikeluarkan dengan liposuction (isap lemak). Lebih banyak olahraga dan perubahan pada pola makan dapat membantu. Contohnya, lebih banyak serat dalam makanan dapat mengendalikan resistansi insulin dan membantu mengurangi lemak pada perut. Testosteron juga diteliti untuk membantu gejala lipo. Hormon pertumbuhan manusia (HGH/human growth hormone) dapat sangat berhasil untuk mengurangi lemak tetapi menimbulkan beberapa efek samping yang berat. Sebuah obat baru, tesamorelin (TH9507) dari Theratechnologies adalah pendorong hormon pertumbuhan. Obat ini mengurangi kumpulan lemak viskeral (mendalam) terkait lipo. Hasilnya serupa dengan HGH, tetapi efek sampingnya lebih ringan. Tesamorelin disetujui oleh FDA AS pada 2010. Kolesterol atau glukosa tinggi harus diobati dengan cara yang sama seperti orang tanpa HIV. Beberapa dokter mengusulkan dipakai obat untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida, atau memperbaiki kepekaan terhadap insulin. Perhatian yang semakin besar diberikan untuk menilai dan mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien dengan HIV.


Garis Dasar
Lipo adalah kumpulan perubahan metabolisme dan bentuk tubuh pada orang yang memakai ARV. Belum ada definisi lipo yang jelas. Sulit diketahui berapa orang yang mengalaminya. Kecuali kita ketahui penyebab lipo, kita tidak mengetahui bagaimana mengobatinya. Mengubah atau menghentikan ART tidak dianjurkan.
Sehingga kita mengetahui lebih banyak tentang penyebab dan pengobatan khusus untuk lipo, gejalanya ditangani dengan cara yang sama dengan masyarakat umum.


sumber :

0 komentar:

Posting Komentar