Minggu, 09 Maret 2014

Peran Teknologi Informasi Dalam Suatu Supply Chain


Apa itu SCM ?
Supply chain management (SCM) merupakan kombinasi antara seni dan ilmu pengetahuan yang dimaksudkan untuk memperbaiki cara sebuah perusahaan dalam menemukan komponen-komponen bahan baku yang diperlukan dalam  rangka menghasilakan  produk atau jasa dan mengirimkannya kepada konsumen.
 

Peran Teknologi Informasi Dalam Suatu Supply Chain
Untuk mengembangkan konsep SCM dalam bentuk perusahan tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi (TI), karena justru kemajuan teknologi yang melahirkan prinsip - prinsip dasar dari manajemen supply chain. Hal tersebut disebabkan karena esensi dari pengintegrasian berbagai proses dan entitas bisnis di dalam domain manajemen supply chain adalah melakukan share terhadap informasi yang dimiliki dan dihasilkan oleh berbagai pihak. Teknologi komputer dan telekomunikasi yang sangat cepat berkembang membuat penciptaan dan penyebaraan informasi menjadi makin cepat, murah dan berkualitas baik. Secara umum, peranan teknologi informasi di dalam manajemen supply chain dapat dilihat dari dua perspektif besar yaitu perspektif teknis dan perspektif manajerial, seperti dalam gambar berikut ini.


 

  1. Perspektif Teknis , Dilihat dari sisi teknis, ada dua hal fungsi dari teknologi informasi yang harus dipenuhi, yaitu fungsi penciptaan dan fungsi penyebaran.
  2. Perspektif Manajerial , Dilihat dari sisi bisnis dan manajerial, terutama dalam kaitannya dengan Manajemen Supply Chain, ada peranan yang harus diharapkan perusahan dari implementasi sebuah teknologi, yaitu :  minimize risk, reduce cost, menciptakan value.


  Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Suatu Supply Chain
  Ada banyak keterlibatan IT dalam SCM, diantara lain dalam bentuk :

  • Enterprice Resource Planning(ERP) : suatu metode mengatur seluruh proses bisnis yang ada dalam suatu perusahaan dengan suatu arsitektur perangkat lunak yang berjalan dalam waktu nyata, baik itu menyangkut otomasi back-end office system, front-end office system, maupun dalam hal peningkatan efisiensi, kualitas dan produktifitas serta keuntungan  (Turban  et. Al John Wiley & Sons, Inc. 2004).
  • Inter Organizations Information System (IOIS) : suatu sistem yang bekerja untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan menyebarluaskan informasi yang berada dalam dua atau lebih organisasi guna meningkatkan efisiensi proses transaksi bisnis seperti pemesanan, penagihan, pembayaran maupun lainnya (ibid). 
  • Electronic Data Interchange (EDI): segala hal yang berkaitan  dengan standar perpindahan data yang berhubungan dengan transaksi bisnis antara komputer (Walton and Marucheck, 1997).
  • Virtual Enterprice (VE): suatu jaringan dari beberapa perusahaan yang independen, sangat mungkin dahulunya sesama kompetitor, bersama-sama dan bekerjasama dalam mempercepat peningkatan keuntungan dan meraih kesempatan dengan menggunakan information and communication technology (ICT) (Gunasekaran, Ngai, EJOR 159, 2004).
  • E-Commerce: seluruh aktifitas yang berhubungan dengan proses pembelian, penjualan, pengiriman maupun pertukaran produk, servis maupun informasi melalui bantuan jaringan  komputer, termasuk juga internet . (Turban et. al, John Wiley & Sons, Inc. 2004). 

0 komentar:

Posting Komentar