Sabtu, 28 Mei 2011

KAWAH PUTIH , Ciweday - Bandung


KAWAH PUTIH

Kawah Putih adalah salah satu objek wisata yang cukup diminati , terletak di daerah Selatan Kota Bandung, berjarak 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah.Daripintu masuk hingga ke kawah jaraknya sekitar 5 km atau bisa ditempuh sekitar 20 menit. Melalui jalan beraspal yang berkelok-kelok dengan pemandangan hutan alam dengan aneka ragam species tanaman. Kawah putih terletak di sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha.

Peta Lokasi

Sejarah Singkat 

Dahulu kala,masyarakat menganggap kawah ini kawasan yang angker karena banyak burung mati seketika melewati kawah ini. Kepercayaan inipun lantas dibantah,ketika pada tahun 1837 seorang ilmuwan Belanda Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghun yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam melakukan penelitian dan menemukan bahwa keangkeran tersebut  tidak lain disebabkan oleh adanya semburan lava belerang yang berbau sangat menyengat.

Namun saat ditemukannya fakta tersebut masyarakat belum tertarik menjadikan tempat ini sebagai objek wisata. Baru setelah PT Perhutani mengembangkan tahun 1987, kawasan kawah putih dijadikan sebuah objek wisata di Jawa Barat. Air kawah di gunung ini selain warna airnya yang terang dan juga selalu berubah2. Inilah yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih,Sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai kawah putih. Beberapa peneliti mengatakan bahwa gunung patuha masih aktif, sehingga ditemukan beberapa pancaran kawah yang masih bergejolak. Didekat tempat ini pula ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai  sebagai tambang belerang. tak heran jika beberapa kawah tiba2 beruap banyak, dan pengunjung didapati terbatuk2 akibat menghirup hawa belerang yang berbau sangat tajam. 

Keindahan Kawah Putih, memang sangat mempesona dan menakjubkan.  Ditambah lagi suhunya yang sejuk banget sepanjang hari (bersuhu sekitar 8-22 derajat celcius). Mungkin karena kawah ini terletak di gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.434m diatas permukaan laut. Bahkan, jika sudah mengetahui keajaiban alamnya, pasti akan mengatakan tak ada kawah yang seindah Kawah Putih. Karena keindahan alamnya, Kawah Putih sering dijadikan tempat Photo prawedding (sangat banyak), syuting film dan sinetron. Bahkan sekarang ini di Bandung dan kota2 sekitarnya juga, jikalau ada yang mau photo prawedding, kawah putih akan selalu menjadi pilihan utama.  Keindahan kawah putih memang susah diungkapkan dengan kata2. Datang dan nikmati sendiri deh.Dijamin anda pasti terkagum-kagum. 


Kesan 

Perjalanan pertama saya mulainya bersama teman – teman saya. :D


 

Dalam perjalanan menuju kawah, kita melewati objek yang menarik seperti rel kereta tua, sawah yang menguning, kebun teh yang hijau dan luas dan hutan pinus.Walaupun jalan dari jalan raya Ciwidey hingga ke areal parkir di dekat kawah, memang sedikit rusak, tapi itu tidak menyurutkan niat kami untuk datang kesana. 

Sesampainya disana , kita harus menuruni anak tangga agar dapat lebih dekat dengan kawah gunung ini. Hati kita akan langsung berdecak kagum melihat keseluruhan dari tempat ini dari tangga atas. Pada tempat wisata ini, kita memang dapat secara dekat berada dalam kawah gunung bahkan kita dapat menyentuh airnya.Berbeda dengan  Tangkuban Perahu yang hanya bias dilihat dari kejauhan.

Saat kita turun, sungguh luar biasa pemandangan yang akan kita lihat di kawah ini. Tanah yang putih yang terdiri dari belerang merupakan alasan mengapa kawah ini disebut Kawah Putih. Sungguh unik rasanya melihat tanah yang berwarna putih ini. Permukaan tanah juga tidak rata sehingga menyerupai gundukan-gundukan tanah. Air kawah yang berwarna kehijauan juga menarik perhatian. Di sekelilingnya, terdapat pegunungan yang sebagian sudah kering tetapi ada juga yang masih ditumbuhi pohon hijau.


Kisaran Harga

Untuk memasuki wilayah kesana juga termasuk cukup murah lho tiap satu orang dikenakan biaya Rp.10.000,- per orang murah bukan? Apabila dibandingkan dengan keindahan yang kita dapatkan setelah melihatnya , wow amazing keajaiban ALLAH SWT .

Namun , terakhir beberapa bulan saya kesana bersama dengan keluarga, keadaan wilayah kawah putih sedikit berbeda dari sebelumnya , yaitu ketika memasuki wilayah kawasaan kawah putih jalannannya diperbaiki dan wilayah parkiran diperluas sehingga bisa menampung banyak kendaraan, yah walaupun begitu cukup wajar bila biaya memasuki wilayah tersebut pun menjadi Rp.15.000,-per orang hehe dan 1 kendaraan pribadi seperti mobil dikenakan biaya Rp.150.000,-per mobil. Karena pada waktu terakhir saya mengunjungi Kawah Putih sudah 2 tahun yang lalu hehe ketika masih duduk dibangku SMA hahaha. Namun itu semua untuk kelancaran dan kenyamanan pengunjung kok. Selama pihak dari wilayah kawah putih tersebut bisa menjaganya dengan harga yang sebanding kenapa tidak? Hehehe. :D

Oh ya , Sebelum sampai di Kawah Putih , kami juga menyempatkan diri ke Kebun Strawberry . 

Disana kalian  bisa memetik sendiri buahnya untuk dibawa pulang. Dan aneka makanan dan minuman yang disajikan dalam bahan dasar berupa Strawberry , Wah mengasyikan sekali lho hehe. Penasaran kan? makanya, bila sedang mengunjungi Bandung, mampirlah ke Kawah Putih. Dijamin akan perjalanan kalian semua akan lebih menyenangkan. :D


sumber :
Pengaplikasian dari pengalaman diri sendiri dan dibantu oleh www.google.com (mencari sejarah singkat)



0 komentar:

Posting Komentar