Minggu, 16 Oktober 2011

Perawatan Rambut Secara Alami


Rambut adakah mahkota. Setiap orang di dunia ini,  pasti  ingin memiliki rambut yang indah dan sehat, baik itu pria maupun wanita. Sehingga kunci utama mempunyai rambut indah adalah selalu menjaga kelembapan alami rambut. Merawat rambut memnag tidaklah mudah jika anda tidak memahami dan mengenali jenis rambut. Sebelum melakukan perawatan rambut sebaiknya kenali lah jenis rambut anda sehingga dapat memudahkan merawatnya dengan baik dan benar.



Untuk membuat rambut tidak terlihat kering dan kusam sebaiknya gunakanlah shampo dan condisioner yang sesuai dengan rambut kalian. Condisioner dapat dibuat sendiri menggunkan bahan-bahan alami. Sehingga para sobat tidak perlu lagi melakukan  perawatan rambut di salon yang cukup mengeluarkan dana. Menghemat biaya bukan ? Berikut ini adalah cara merawat rambut dan tips merawat rambut dengan alami :

1.      Rambut Berminyak
Ada beberapa penyebab sehingga rambut bisa menjadi berminyak yaitu karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut dan aktivitas hormon yang tinggi. Gunakanlah shampoo yang ringan dan shampoo khusus untuk rambut berminyak seperti shampoo bayi juga bagus. Cucilah rambut setiap hari, sebaiknya bilas dengan air dingin secara menyeluruh, hindarilah membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kulit kepala semakin berminyak. Perawatan rambut berminyak bisa menggunakan minyak kelapa, menggunakan condisioner pada batang rambut yang berada di dekat akar rambut. Para  sobat  juga bisa menggunakan bahan-bahan tradisional dengan buah lemon, yaitu alurkan jus   lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala.

2.      Rambut Patah dan Rusak
Jika mempunyai rambut yang patah dan rusak maka gunakanlah condisioner yang mengandung banyak pelembab. Hindarilah melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Saat mencuci rambut sebaiknya gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala. Untuk rambut patah dan rusak buatlah condisioner dengan yogurt. Caranya adalah campur yogurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang basah. Lalu diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah 1minggu 2 kali jika ingin hasil yang menabjubkan.

3.      Rambut Kering
Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, bahkan rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembaban yang ekstra. Para sobat bisa membuat condosioner yang mudah, yaitu dengan cara buatlah campuran dua sendok makan mayonaise dan satu buah avokad. Aduklah merata hingga tekstur avokad terasa lembut. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambik memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

4.      Rambut Yang Sulit Diatur
Jika memunyai jenis rambut seperti ini, memang gampang-gampang susah dalam merawatnya. Selain rambut juga cepat kusut dan sulit untuk diatur dan ditata rapi.Sebaiknya para sobat membuat condisioner sendiri yang cukup mudah untuk rambut jenis ini. Caranya yaitu campurlah air perasan satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Karena minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata. Vitamnin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Gunakanlah maksimal 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang menabjubkan.

Adapun solusi untuk masalah rambut rontok :

Untuk beberapa, rambut rontok adalah kondisi sementara sementara bagi orang lain, itu tidak bisa dihindari. Dalam beberapa kasus, dapat menjadi tanda bahwa Anda menderita dari hal-hal seperti stres, ketidakseimbangan hormon atau infeksi. Meskipun rambut rontok lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita, itu tidak berarti bahwa metode pencegahan rambut rontok akan berbeda. Berikut adalah beberapa tips pencegahan rambut membantu kerugian yang harus Anda ikuti untuk menikmati rambut yang sehat.



Pencegahan Rambut Rontok Tips # 1:
Hindari Stres Orang yang menderita stres yang ekstrim biasanya akan mengalami rambut rontok, meskipun bersifat sementara. Namun, akan lebih baik jika Anda mencoba untuk de-stress hidup Anda untuk mencegah rambut rontok. Anda dapat memulai dengan memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur atau makan diet yang tepat. Olahraga juga akan membantu Anda menyingkirkan stres kerja yang terkait.

Pencegahan Rambut Rontok Tips # 2:
Berhenti Menggunakan Kimia kaya rambut Produk. Jika Anda harus tahu, rambut Anda bisa rusak oleh produk rambut yang mengandung bahan berbahaya. Mendapatkan rambut sering dicat atau memiliki itu dikeriting juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Bahkan penggunaan shampo dan produk lainnya seperti penata rambut, gel atau mousse spray dapat merusak rambut Anda, yang menyebabkan rambut rontok. Jika mungkin, pilih produk rambut yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti buaya, rosemary vera dan bijak.

Pencegahan Rambut Rontok Tips # 3:
Jenis Jadilah untuk Rambut Anda. Menundukkan rambut Anda untuk pekerjaan pewarna sering serta gaya rambut yang rumit mungkin melakukan membahayakan folikel rambut Anda. Jika anda serius tentang pencegahan rambut rontok, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak kejam untuk rambut Anda.

Pencegahan Rambut Rontok Tips # 4:
Mengenal Sejarah Keluarga Anda Kehilangan rambut Anda tidak bisa dihindari jika berjalan di dalam keluarga Anda. Pria, khususnya, diketahui menderita kebotakan pola pria, yang telah didirikan untuk menjadi kondisi turun temurun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga kehilangan rambut, akan lebih bijak bahwa Anda mulai merawat rambut Anda sedini mungkin dan tidak menunggu rambut rontok menjadi benar-benar buruk.

Pencegahan Rambut Rontok Tips # 5:
Pilih Lidah buaya yang besar dan tebal tebal dagingnya, kupas bagian yang bergigi dan kupas kulit di salah satu sisinya (kulitnya jangan di kupas semua, nanti jadi susah dipegangnya) gosok-gosokan lidah buaya ke dasar kulit kepala, ulangi keseluruh kepala sampe merata. Pijat-pijat sebentar, terus tutup kepala dengan handuk, diamkan sekitar 15-30 menit. Nanti pertama-tama memang agak terasa gatal, diamkan saja nanti juga hilang sendiri, mungkin efek lidah buayanya sedang bekerja. Kemudian bilas sampai bersih, lakukan rutin minimal 2X seminggu supaya makin cepat kelihatan manfaatnya, setelah selesai keramas jangan lupa pake tonic rambut rontok atau vitamin rambut.

Pencegahan Rambut Rontok Tips # 6:
Konsultasi Ahli Rambut Rontok. Tentu saja, semua tips ini akan sia-sia jika Anda tidak akan meminta pendapat profesional dari para ahli rambut rontok. Para profesional ini pasti bisa membantu Anda dengan rencana pencegahan rambut rontok Anda.


 
Sumber:
www.google.com (mencari gambar) 

 

2 komentar:

Anomali Dunia mengatakan...

makasih infonya kak sangat bermanfaat
Cara Merawat Rambut Secara Alami

umi syarofah mengatakan...

makasih caranya kak Model Rambut

Posting Komentar