Apa itu LinkedIn? mungkin
pertanyaan ini kerap kali melintas di fikiran kita ketika melihat beberapa
portal berita menyediakan icon bertuliskan 'LinkedIn' tersebut, lantas Apa
pengertian LinkedIn itu?
LinkedIn
adalah sebuah jejaring sosial layaknya Facebook atau Twitter yang tampil sedikit berbeda
dengan jejaring sosial kebanyakan. Situs ini diperuntukkan bagi kalangan
profesional. LinkedIn sendiri didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002
silam. Situs ini memang belum sebesar Facebook atau sepopuler Twitter. Sebab
baru memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara. Namun untuk ukuran
jejaring sosial profesional, prestasi LinkedIn sejatinya cukup mentereng.
Bahkan saat ini, mereka sudah mengakomodir 17 bahasa. Nah, bagi Anda yang belum
pernah mencoba LinkedIn, berikut kiat untuk mengenalnya :
1.
PERBAIKI PROFIL
Seperti
jejaring sosial lainnya, LinkedIn juga mengharuskan pengguna membuat profil
mereka. Namun sesuai fungsinya, dalam profil LinkedIn lebih menitikberatkan
kepada pengalaman kerja dan skill profesional pengguna. Kelengkapan profil
tentu menjadi sesuatu yang penting untuk diisi. Sebab, ini akan menjadi
referensi bagi pihak yang ingin mengontak Anda untuk menawarkan suatu
pekerjaan. LinkedIn sendiri mengukur kelengkapan isian profil (profile completeness) mulai
dari 0-100%. Semakin tinggi persentase Anda tentu semakin baik, karena ini juga
akan berpengaruh di mesin pencarian LinkedIn. Untuk memastikan bahwa profl Anda
100% telah dilengkapi, LinkedIn pun memberikan rekomendasi daftar informasi apa
yang harus dilengkapi :
- Jenis industri yang
digeluti
- Posisi
pekerjaan saat ini dan deskripsinya
- Karir
sebelumnya
- Riwayat
pendidikan
- Skill
yang dimiliki, setidaknya ada lima
- Foto
profil
- Koneksi
(connections) teman minimal ada 50
- Summary
2.
JALINAN KONEKSI
Memiliki
banyak koneksi juga dianggap penting di LinkedIn. Namun Anda jangan khawatir,
situs ini telah dilengkapi dengan algoritma dan data mining yang memudahkan
pengguna untuk menyebar jaringan. Disarankan,
cara pertama untuk mencari teman adalah dengan melacaknya dari nama. Lakukan
pencarian dari search box di halaman utama LinkedIn. Ketika sudah menemukan
orang yang dicari, lalu klik 'Connect', add mereka ke jaringan profesional
Anda. Bisa pula mengirimkan pesan jika memang dianggap perlu saat mengajukan
invitation. Hal ini bisa saja untuk lebih personal. Ketika Anda telah memiliki
beberapa rekan (connections), silakan berlanjut ke bagian 'People You May
Know'. Di sini, alogortima LinkedIn akan merekomendasikan orang-orang yang
memiliki 'kedekatan' dengan Anda. Hal itu tentu saja berdasarkan informasi
profil yang telah diisi. Connections di LinkedIn juga memiliki tingkatan
tersendiri (degree). Untuk orang-orang yang telah terhubung dengan Anda akan
disebut '1st degree'. Sementara untuk mereka yang belum terhubung namun telah
terkoneksi dengan '1st degree' Anda, maka disebut '2nd degree'. Begitu seterusnya.
3.
GROUPS
Merapat
ke grup tertentu memiliki banyak keuntungan di LinkedIn. Mulai dari memperluas
koneksi, sharing ilmu, meminta nasehat, dan masih banyak lagi. Nah, grup-grup
ini biasanya terafiliasi dari sebuah brand, organisasi tertentu, tujuan
tertentu, industri secara umum, dan lainnya. Misalnya grup 'Startups – The
Community for Entrepreneurs' atau 'Alumni Association | UC Berkeley'. Ada
sekitar 1,3 juta grup yang bisa dipilih. Silakan Anda tentukan masing-masing
mana ingin diikuti dan pastinya menarik. Namun yang pasti, sejumlah grup
membutuhkan adanya autentifikasi sebelum mdngizinkan Anda ikut bergabung. Namun
sepertiga di antaranya tidak membutuhkan syarat seperti itu, dan dilabeli
'open'.
4.
AKUN PERUSAHAN
Seperti
akun personal, pihak perusahaan juga bisa memiliki akun sendiri di LinkedIn.
Seperti halaman brand Facebook, Coca Cola atau lainnya. Anda pun dapat
mengikuti segala aktivitas dan update dari perusahaan tersebut di LinkedIn. Profil
halaman perusahaan biasanya memiliki informasi yang sifatnya umum. Seperti
business overview, jumlah karyawan, dan material press rilis. Banyak perusahaan
juga menyertakan lowongan pekerjaan yang tengah dibuka di halaman mereka.
Bahkan tak sedikit yang memungkinkan pelamar untuk menginput lamaran mereka via
LinkedIn.
5.
PENCARIAN PEKERJAAN
Job
search dan recruitment tools seringkali dianggap sebagai fitur paling menarik
di LinkedIn. Mashable melansir, semakin banyak perusahaan yang mendorong calon
karyawannya untuk mengirimkan lamaran via LinkedIn. Coba masuk ke bagian tab 'Jobs'. Di sini Anda dapat mulai berburu pekerjaan
impian. Mulai dari mencari berdasarkan keyword seperti jabatan, perusahaan,
lokasi, gaji, dan industri yang dilirik. Pencarian juga bisa dibuat lebih
spesifik di bagian 'advance search'. Misalnya, ingin mencari posisi sebagai
developer yang lokasi kantornya kurang dari 50 mil (80) km dari lokasi
tertentu.
6.
VERSI MOBILE
LinkedIn
juga memiliki aplikasi versi mobile yang diperuntukkan untuk iPhone, iPad,
Android, BlackBerry, Windows, dan perangkat Palm. Cukup lengkap bukan? Aplikasi mobile ini dapat diandalkan untuk memposting update status dan
mengecek grup update on-the-go. Selain fungsi standar mulai dari mencari
koneksi hingga pertukaran informasi, Anda juga bisa mengunduh daftar koneksi di
LinkedIn untuk dikirim ke daftar kontak di smartphone.
7.
VERSI BERBAYAR
LinkedIn
memang bisa dimanfaatkan secara gratis. Namun layanan ini juga ada versi
berbayarnya. Jika mau, Anda bisa melakukan upgrade ke versi ini. Tentunya
dengan tambahan beragam fitur. Tarif yang dipatok mulai dari USD 19,95 per
bulan, LinkedIn memiliki layanan subscription premium untuk pebisnis, pencari
kerja, perusahaan, dan lainnya. Nah,
salah satu fitur yang terdapat di layanan premium ini adalah Anda dapat
mengirimkan InMail ke semua orang. InMail merupakan pesan internal di LinkedIn
yang dapat dimanfaatkan untuk mengirim pesan ke orang yang tidak terhubung
dengan Anda. Ya memang, Anda dapat berkirim pesan dengan orang yang sudah
terhubung. Namun jika belum terhubung, tidak bisa. Anda harus mengirimkan
InMail ke mereka, dan penggunaan InMail ini terbatas hanya untuk versi premium.
Upgrade layanan jadi yang berbayar juga dapat memperluas hasil pencarian dan
ada fitur talent search. Termasuk di antaranya fitur standar yang dapat
mengetahui siapa saja yang telah melihat akun profil.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar