Jumat, 26 April 2013

Kompilasi pada Java



  1. Pengertian Java

Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsysytems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional.

Bahasa inilah yang mungkin dirujuk sebagai "Java" secara umum. Java merupakan bahasa Object Oriented Programming yang bisa diklaim telah diimplementasikan secara penuh . OOP di Java merupakan pengembangan lebih lanjut dari dari bahasa C++. Kompilasi kode program Java dilakukan menggunakan tool command-line yang bernama javac, atau biasa disebut compiler Java. Tahap kompilasi ini bertujuan untuk mengonversi kode sumber ke program biner yang berisi bytecode, yaitu instruksi-instruksi mesin. Contoh berikut memperlihatkan cara melakukan kompilasi pada file program Coba.java (asumsi sudah berada di command-line atau shell). javac Coba.java






  1. JDK (Java Development Kit)

Java Development Kit (JDK) adalah Sun Microsystems produk ditujukan untuk pengembang Java. Sejak diperkenalkannya Java, telah jauh SDK Java yang paling banyak digunakan. Pada tanggal 17 November 2006, Sun mengumumkan bahwa akan dirilis di bawah GNU General Public License (GPL), sehingga membuat perangkat lunak bebas. Hal ini terjadi sebagian besar pada tanggal 8 Mei 2007. Untuk melakukan kompilasi kita memerlukan tools tambahan yang ditambahkan ke dalam JRE dan dikenal sebagai Java Development Kit (JDK). Jadi di dalam JDK sendiri secara otomatis sudah terdapat platform JRE. JDK  Java Development Kit. Dengan kata sederhana ini berisi program-program (seperti javac yaitu program untuk meng-compile kode sumber) untuk membantu Anda mengembangkan / menulis kode Java. Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.



  1. Java Runtime Environment

Teknologi Java sebagai suatu platform, yang biasa disebut juga sebagai Java Runtime Environment (JRE). Platform ini diperlukan sebagai lapisan atau layer untuk menjalankan program Java yang telah dikompilasi (bytecode). Java Runtime Environment adalah kumpulan file library & executable tuk menjalankan program Java. Komputer harus meng-instal JRE bila ingin menjalankan program Java ntah itu program aplikasi desktop maupun aplikasi yg berjalan di dalam web (Applet).

JRE  Java Runtime Environment. JRE inilah yang memungkinkan sebuah program Java dapat berjalan di mesin Anda. JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke prosesor. Setiap JRE pasti memiliki sebuah JVM di dalamnya untuk melakukan pemrosesan selanjutnya. Dengan kata sederhana itu harus download oleh siapa saja yang ingin menjalankan / membaca  Program Java (aplikasi Java, applet Java & Aplikasi Java WebStart).



D.     Proses Kompilasi Java

Jika kita telah memiliki IDE seperti Netbeans atau Eclipse, maka kita tidak perlu lagi direpotkan untuk melakukan kompilasi via comand line. Namun jika kita tidak memiliki IDE dan hanya menggunakan editor seperti notepad maka kita harus memahami cara kompilasi dan menjalankan program JAVA. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah setting PATH, agar perintah untuk mengcompile dan menjalankan JAVA dapat dipanggil melalui direktori manapun.

  • Klik kanan pada Computer -> Properties -> Advance System Setting -> Environment Variables


  • Kemudian edit path pada system variables. Tambahkan lokasi dimana compiler JAVA berada dengan menambahkan tanda “;” sebagai pemisah dengan path sebelumnya, misal ;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_01\bin





Untuk melakukan proses kompilasi program JAVA langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka command promt, masuk ke direktori tempat file program JAVA yang akan dikompile berada. 
  2. Untuk melakukan kompilasi, ketikkan “javac nama_file.java”. 
  3. Jika tidak terlihat pesan error, maka kompilasi berjalan lancar.
  4. Untuk menjalankan program JAVA, cukup ketikkan “java nama_file”.








Sumber :






0 komentar:

Posting Komentar